Sumber : instagram.com/balikustore



Kulomaul alias Maulana Ilham Pratama adalah pemuda Bali dibalik lahirnya Baliku Store. Sepertinya pemuda satu ini sangat suka dengan kata 'aku' ya sobat dumay? Hehe bisa dilihat dari kulomaul yang kalau boleh saya tebak nih, artinya saya Maul. Karena kulo adalah Bahasa Jawa yang berarti saya. Makna yang sama juga melekat pada usaha milik Maulana, Baliku Store. Hmm lagi-lagi saya menemukan kata kepemilikan 'ku' di sana. Apapun maknanya, itu hanyalah sebatas tebakan saya~

Cerita saya selanjutnya tentu tidak asal tebak seperti tadi hehe karena ini nyata adanya berdasar perjalanan hidup Maulana dalam upayanya mengenalkan produk lokal ke internasional. 

Baliku Store memang baru berusia seumur jagung, namun jangan pandang sebelah mata cita-cita yang diembannya. Melalui kepiawaian Maulana yang telah terasah di Pesantren Digital Academy, dia mampu menciptakan sebuah usaha yang mengusung tema Go Digital. Memang sudah seharusnya kita generasi muda melek digital dan memanfaatkannya untuk kemajuan masyarakat. Terlebih untuk UMKM yang memiliki kontribusi terhadap roda perekonomian Indonesia.






Sumber : instagram.com/balikustore



"Saya pikir, saya bisa mencari sedikit diferensiasi agar bisa tetap memiliki sebuah usaha. Maka, tercetuslah sebuah pikiran untuk membuat Baliku Store. Saya berpikir bahwa Indonesia butuh pengusaha yang bisa membersamai daerah-daerahnya dalam melekatkan branding. Saya percaya setiap pengusaha harus meletakkan di benaknya bahwa sebuah usaha itu harus bisa membentuk ekosistem ekonomi rahmatan lil alamin, yang baik bagi masyarakat dan pemberdayaan tenaga kerja serta baik pula bagi alam semesta. Baliku Store hadir dengan taglina Bangga Pakai Produk Lokal.Maulana



Saat ini Maulana sudah bekerja sama dengan beberapa brand lokal yang ada di Bali, salah satunya Bali Honey dan Bli Kopi. Mari kita dukung perjuangan Baliku Store agar semakin banyak produk lokal Bali yang dikenal dunia. Terima kasih Maulana, sudah menjadi salah satu pemuda Indonesia yang berkontribusi positif untuk bangsa.